Friday, May 10, 2013

Sobat Kental, Rahasia persahabatan yang mendalam.

Saya yakin anda punya banyak sahabat, tetapi berapa yang benar2 menjadi sobat kental anda, orang yang benar2 adalah “sahabat sejati” anda. Saya yakin tidak banyak. Mungkin hanya 3 atau 4 orang saja. Nah, apa yang membuat mereka adalah sobat kental anda? Ada 4 rahasia sederhana dalam persahabatan:

1. Berbagi rahasia. Ternyata sobat kental berbagi rahasia, dan mempercayai sepenuhnya sahabatnya. Kepercayaan sepenuhnya ini penting, karena setiap orang memiliki rahasia yang ingin dia simpan, tapi rela berbagi hanya dengan beberapa orang saja. Kepercayaan bukan sebuah hak, tetapi sesuatu yang kita dapatkan karena waktu telah membuktikan bahwa kita memang layak dipercaya.

2. Perlakukan sahabat anda seperti orang dewasa yang telah matang. Memberi nasihat tentu ok, tetapi ada batasnya. Setiap orang mempunyai keyakinan dan kemerdekaannya sendiri. Latar belakang, keluarga, agama, pendidikan, semuanya mebuat kita masing2 berbeda pendapat. Hargailah apapun pendapat, pilihan, keputusan sahabat anda. Kita hargai dia sebagai manusia seutuhnya. Kita berikan nasihat dan pendapat secukupnya, tetapi pada akhirnya adalah hak nya sebagai manusia mandiri untuk mengambil keputusan apapun dalam hidupnya.

3. Terimalah bahwa persahabatan anda tidak akan selamanya sempurna. Sedikit kesalahpahaman, dan ketidak enakan, serta selisih pendapat, selalu ada dan akan terjadi. Terimalah itu sebagai kenyataan hidup. Maafkan, dan meminta maaflah atas kesalahan yang terjadi. Lidah dan gigi kita saja masih saling menggigit walau telah bersama sepanjang hidup kita, apalagi teman yang latar belakang dan keyakinan dan cara hidupnya berbeda. Kesadaran ini akan menguatkan kita dan membuat kita menjadi sahabat yang lebih baik.

4. Datangi, dan dekati sobat kental anda; secara tulus datangi dan temani, ketika dia dalam kesulitan besar. Setiap orang memiliki masa sulitnya, entah sakit yang parah, kehilangan keluarga, bisnis yang hancur, perkawinan yang porang poranda, mood yang lagi sangat buruk, atau hal2 lain yang berat. Usahakan untuk dapat datang menemaninya, walau hanya satu dua jam, untuk ber-empati terhadap kesulitan kesusahan yang dirasakan sobat kental anda. Penderitaan menjadi jauh berkurang kalau ada sobat kental yang menemani kita berbagi derita. Duka akan terbagi bila kita bersama sahabat, dan kebahagiaan akan belipat kalau kita bersama sahabat.

Sobat kental tidak selalu bertemu setiap saat. Kadang hanya bertemu setiap tahun sekali atau bahkan lebih jarang lagi. Sobat kental tidak pula ber sosial media setiap hari. Tetap dia tetap menjadi sobat kental kita, karena ada “klick” yang cocok dan pembicaraan yang seirama satu frequency yang sama antara anda dengannya. Keempat hal diatas akan lebih menguatkan lagi persahabatan anda dengan nya. Selamat bersobat kental.

No comments:

Post a Comment