Friday, May 10, 2013

Kerja besar tidak pernah selesai jam 5 sore.

Jarum jam menunjukkan sore jam 4.35, dan sebentar lagi akan pulang. Anda menyelesaikan sedikit pekerjaan terakhir. Mengecek beberapa email, semua sudah terbalas. Perincian beaya bulan ini, sudah selesai. Surat untuk klien diluar kota, selesai print juga. Anda menghela napas lega, selesai sudah hari ini. Jam menunjukkan pukul 5.05, dan anda tersenyum lebar. Waktunya pulang. Selesai hari ini.

Mentalitas kerja kita, adalah menyelesaikan tugas, seperti ketika sekolah dulu, tenggo. Jam teng, kita semburat go, pulang. Istirahat, bobo, dolan. Besok kerja lagi. Kita seperti kebanyakan orang lain, bekerja sesuai tugas saja. Ya ini kerja, pokok selesai, tidak ada masalah, ya sudah. Inilah mentalitas kebanyakan orang, yang menghasilkan pendapatan seperti kebanyakan orang lain, dan menyeret kehidupan dengan berat seperti kebanyakan orang lain pula. Bukannya hal ini salah, hanya hal ini tidak membuat anda menjadi besar saja.

Lihatlah orang hebat disekeliling anda, lihatlah orang besar didunia luar sana, perhatikan prilaku mereka, antusiasme mereka, etos kerja mereka. Apakah mereka sama dengan kebanyakan orang? Teng-go? Bahkan mereka tidak punya teng, tidak punya jam kerja. Karena orang sukses adalah orang yang memaksakan jam nya, bukan orang yang tindakan2nya dibentuk oleh jam kerja, dan tugas.

Menjadi sukses bukan sekedar menyelesai tugas sehari hari anda, bukan sekedar menjawab email, dan melaksanakan perintah dan kewajiban rutin menjawab telpon saja. Karena jaman telah berubah, di pabrik2 itulah pekerjaan yang rutin harus diselesaikan. Tetapi di ekomomi baru ini, kita harus mau melakukan lebih dan berbeda untuk menjadi orang yang hebat. Dan tentu sekedar berteriak “Luar Biasa” tidak membuat kita tumbuh dahsyat.

Nah, sekarang, kalau bukan sekedar mengerjakan tugas dan pulang dan sekedar kerja, dan menerima gajih. Apa yang harus kita lakukan? Kita mulai memasuki arena baru yang sulit: Mencari pertanyaan, dan jawaban yang cocok untuk diri kita sendiri. Apa yang menjadi jalan sukses saya dimasa depan? Mulai dari mana? Kelebihan saya apa yang bisa saya eksploitasi supaya menjadi sukses? Siapa yang saya kenal yang bisa membantu saya? Sebenaranya apa yang benar2 menjadi mimpi saya? Apa yang sekarang harus saya kerjakan? Dan seribu pertanyaan lain, dan kita harus memilih pertanyaan yang tepat dan baik, dan mencari jawabnya.

Kalau anda bisa pada titik ini, belum tentu akan sukses, belum tentu akan jadi dahsyat, tetapi setidaknya sudah berbeda dengan orang2 lain yang sekedar menyelesaikan tugasnya, dan pulang, tidur, besok memulai lagi, menyeret diri, tubuh, dan nasibnya, seperti kebanyakan orang yang tidak punya keinginan apapun dalam menciptakan sukses masa depannya sendiri.

No comments:

Post a Comment