Friday, May 10, 2013

Setiap pilihan memiliki dua muka yang bertolak belakang.

Seorang yang sangat kreatip dan penuh akal cerdik, sering2 tidak terlalu menurut dan tidak patuh aturan. Bahkan kadang cenderung sedikit nakal, tidak jujur, dan pembangkang. Sebaliknya seorang yang loyal, penurut, taat aturan, kadang tidak punya idea dan hanya melakukan apa yang ditugaskan saja.

Pacar yang cantik seksi ramah rentan digoda orang, dan cowok yang baik penurut setia biasanya bodoh dan kaku sifatnya. Yang kaya sering menjadi nakal, yang miskin tapi baik tidak enak sekali hidupnya.

Hidup adalah sebuah koin bermuka dua, sebuah pedang bermata dua, yang selalu memiliki kedua sisi yang berlawanan dalam satu sifat dan keadaan yang sama. Kita sering terperangkap dalam pemahaman ini. Mau sisi satunya tidak mau lainnya, yang sering menjadi sebuah kekecewaan.

Pekerjaan yang mudah stabil dan tidak menguras energi, tidak beresiko, biasanya tidak memberikan hasil yang banyak. Pekerjaan yang hasilnya banyak, memberikan stress tidak habis2nya, dan memberikan tekanan yang tidak enak. Pilihan selalu ada, tetapi selalu membawa konsekwensi sendiri2.

Ketika ditawarkan “bisnis untung besar tanpa resiko”, “hasil besar tanpa kerja keras”, sebagian orang terlena dan tertipu. Jelas hal itu tidak ada, dan selalu ada udang dibalik sepatu. Ada jebakan batman nya. Kadang terlihat juga bohong nya dengan cukup kasat mata, tapi sebagian orang tidak peduli dan masih saja menjerumuskan dirinya kesana.

Sering orang bermimpi ingin terkenal dan kaya raya, karena dianggapnya isinya bahagia semua. Bukti data menyunjukkan orang yang stress, sakit jiwa, rumah tangga hancur, dan insomnia, bahkan bunuh diri, justru kebanyakan orang kaya dan orang terkenal. Setiap anugerah membawa kutukannya sendiri2. Tuhan adil dalam memberikan jatah kebahagiaan yang sama pada semua orang.

Setiap hasil punya beaya sendiri2, punya resikonya sendiri2. Dalam perjalanan kehidupan kita selalu memilah, memilih, dan mengejar harapan dan mimpi kita. Kita harus sadar bahwa selalu ada beaya, ada resiko, dan ada sisi gelap dalam setiap pengejaran harapan kita. Ada pagi ada malam, ada gelap ada terang, ada tawa ada tangis, ada senang ada susah, dan semua dalam paket kehidupan yang sama.

No comments:

Post a Comment