Thursday, June 19, 2014

“Saya Tidak Tahu”

Kata Steven Levitt dan Stephen Dubner dalam bukunya “Think Like a Freak”, kalimat pendek yang paling jarang dipakai orang adalah “Saya Tidak Tahu”. Setiap orang dewasa akan menipu, mengarang, mengira-ira, menebak dengan seolah olah tahu, ketika ditanya sebuah pertanyaan yang tidak diketahuinya jawabnya. 

Coba tanyakan pada orang “Bagaimana menurut anda pemilu nanti?” “Apa kelebihan dan kekurangan Pak Jokowi?” Apakah harga2 barang akan naik mulai Juni ini? Mengapa ini terjadi? Sebenarnya ada atau tidak "Big Bang" itu? Menurut anda, "hantu" itu ada atau tidak? Nah, anda akan mendapatkan jawaban ber macam2, dari orang2, yang sebenarnya ngawur saja, karena kita malu mengakui dan berkata, “Saya Tidak Tahu.”

Sebenarnya justru “Saya Tidak Tahu” adalah sebuah awal yang paling penting. Ketika kita menyadari “Tidak Tahu”, ada sebuah pemahaman bahwa kita “Perlu Tahu”, perlu belajar, perlu lebih pandai lagi, dan perlu mencari jawaban yang lebih benar.

Sejak kecil di sekolah, kita di olok2 dan disalahkan oleh guru, dan dipermalukan ketika bilang “Saya Tidak Tahu.” Dan sejak itu kita menganggap ketidak tahuan sebagai sebuah dosa, sebuah tabu, sebuah hal yang memalukan. Dan kita enggan mengakui ketidak tahuan kita dan menyelimutinya dengan jawaban2 yang tidak pasti. Ini menghambat pembelajaran kita. Ini menghambat kemajuan kita.

Ketika dosen merasa sudah pandai mengajar, dia berhenti memperbaiki diri. Ketika pemimpin merasa dia paling tahu dan benar, dia akan keras kepala menjalankan keputusan yang salah. Ketika designer merasa designnya terbaik, segalanya telah dipahami, dia akan berhenti disana. Ketika pebisnis merasa tidak perlu lagi membaca karena semua telah mengerti semua, dia berhenti memperbaiki diri.

Pemberlajaran terjadi ketika kita menyadari kekurangan kita, kita tidak cukup tahu, dan bersedia dengan kerendahan hati, belajar dan memperbaiki diri. 

1 comment:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete