Thursday, June 19, 2014

Predictive Selling

Amazon telah mem-patent-kan konsep “Predictive Selling” nya, anda akan menerima barang yang sebenarnya sangat anda inginkan tapi belum (atau tidak pernah akan) meng-klik ordernya.

Ketika kita mengetik di google, atau ada “predictive sentence” atau perkiraan anda akan mengetik apa, yang bisa anda ambil kalau cocok tanpa anda harus menuliskan secara lengkap.

Amazon memberikan rekomendasi buku pada anda. Di jaman dulu, kalau anda beli buku “self help” amazon akan merekomendasikan buku yang mungkin sejenis dan anda sukai. Itu jaman sangat doeloe. Dengan semakin canggihnya konsep “big data” yang dimiliki amazon, semakin canggihnya mereka memahami keinginan kita.

Amazon telah mem-patent-kan teknologi nya tentang Predictive Selling ini, yang secara umum dan mudah dijelaskan: mereka akan mengirimkan produk yang “kemungkinan besar anda mau membeli” dan anda tinggal meng-OK-kan atau menolaknya.

Idea ini sudah cukup lama, dan sudah dikerjakan oleh perusahaan lain juga. Sebuah perusahaan baju juga telah melakukannya dengan mengirimkan apa yang mungkin akan anda sukai, dan kalau anda tidak suka tinggal mengembalikannya. Mereka tidak akan men-charge credit card anda sebelum anda meng-OK-kan nya.

Ketika ada bel di pintu anda, anda buka, ternyata barang yang memang ingin anda beli, telah tiba didepan rumah anda. Itu lah konsep dasarnya. Komputer dan data membuat penjual mampu mem-prediksi sebenarnya apa yang ingin anda beli.

Tahun lalu Amazon memberikan gambaran akan cara mengirim barang masa depan: dengan pesawat2 terbang kecil yang mengantarkan produk itu kedepan pintu anda. Inovasi yang terus berkesinambungan dari Amazon sangat mencengangkan.

Selamat datang pada dunia baru, yang mungkin akan kita alami dalam beberapa tahun lagi.

No comments:

Post a Comment