Thursday, June 19, 2014

Saya mau jadi apa?

Apa impian anda? Apa passion anda? Dimasa depan, ingin menjadi sukses seperti apa? 

Ada sebuah padangan bahwa orang sukses besar, tahu dari kecil apa maunya, apa impiannya dan bagaimana dia nantinya menjadi orang sukses. Dan sering kita tanyakan kepada anak SD, SMP, SMA, ataupun mahasiswa “Nanti ingin menjadi apa?”. Dan mereka akan berkata: “Saya juga tidak tahu pak.” 

Bahkan sampai pada orang yang sudah bekerja pun, sudah berusia 25 atau 27 atau 30 atau 45, masih bingung, “Saya mau jadi apa?” dibarengi sedikit rasa bersalah, sepertinya hanya dia sendiri yang tidak tau apa maunya.

Padahal menurut pendapat saya, pada saat mau wisuda lulus S1, mungkin 80 persen orang tidak tau apa maunya, 18 persen “kira2” tahu “sepertinya saya ingin jadi.......” dengan keraguan. Dan mungkin hanya 2 persen yang benar2 tau ingin menjadi apa dan mengejarnya dengan jelas.

Kita “mengalir saja”, melakukan yang kita suka, tidak pernah berhenti belajar, memiliki kecintaan akan apa yang kita lakukan, sambil selalu melihat adakah “pintu kesempatan” yang terbuka, yang dapat kita masuki.

Sering pula ternyata pintu itu tidak membawa kita kemana mana, merupakan perjalanan lelah yang sia sia, penuh kesedihan dan harus kita tinggalkan. Mencari lagi pintu yang benar, dan mencari lagi, dan mencari lagi.

Mimpi tidak selalu ada, yang ada hanyalah kenyataan. Dan semua orang terombang ambing pada kehidupan, ketidak pastian, dan kegamangan.

Yakinlah, ada saatnya, akan datang kesempatan itu, ketika waktu, kesempatan, dan kemampuan Anda tiba2 menjadi selaras, dan pelanggan kita, siapapun itu, menyukai apa yang kita lakukan, dan menghasilkan sebuah karya atau bisnis yang sukses.

Kecintaan akan hidup ini, semangat untuk terus berkarya melakukan yang tebaik, belajar dan belajar lagi, sambil tidak berhentinya mencari pintu kesempatan yang tepat. Suatu saat sukses akan menjadi hak Anda.

No comments:

Post a Comment