Friday, May 15, 2009

Berbicaralah dengan JELAS

Dalam berkata kepada orang, pengucapan kita haruslah jelas sangat penting

Sebagai contoh pada waktu saya rapat dikantor, dalam rapat selalu banyak tanggapan dan perbedaan presepsi mengenai sebuah kalimat, tapi yang menarik adalah waktu salah satu direktur sambil memegang kacang dia berkata dengan cepat dan dengan mengabaikan tanda baca yaitu “dinamakankacang”, dengan kalimat tersebut perserta rapat mempunyai 2 presepsi yang berbeda, presepsi pertama yaitu “dinamakan kacang”, presepsi yang kedua “dina makan kacang”, padahal yang benar adalah “dina makan kacang”, karena kalimat selanjutnya adalah “karna lapar” jadi “dina makan kacang, karena lapar.

Hal ini juga terjadi pada kalimat yang menjadikan presepsi dari pendengar menjadi lucu.yaitu kalimat “ada kabar burung pak lurah sakit”, pada kalimat ini jika tidak dikatakan dengan jelas akan mempunyai 2 presepsi, presepsi pertama “ada kabar burung, pak lurah sakit”, presepsi kedua “ada kabar, burung pak lurah sakit”, hahaha tentunya burung cucakrawa kesayangannya.

Inilah kejelasan dalam berbicara sangat diperlukan agar tidak membuat presepsi pendengar berbeda. berbicaralah dengan JELAS...............

1 comment:

  1. Hahaha..., pernah denger tuh yang soal burung itu. selain itu juga pak, cara berbicara itu juga menunjukkan siapa dan bagaimana kita. jadi Inget teori "teko" nya AA Gym!!! hehehe nyambung gak sih????

    ReplyDelete