Sunday, May 3, 2009

Komunikasi dalam Berbisnis

Berangkat kekantor agak siang kira-kira jam 10an Karena semalam lembur sampai dini hari, diperjalanan seperti biasa pasti sambil mendengarkan music dari IPOD kesayangan, tapi karena hari ini berangkat siang ingin denger radio, karma belum pernah dengerin radio menjelang siang hari. Channel Radio utama yg saya dengar biasanya 3 chanell, PASS FM,GEN FM / KISS FM, radio PASS FM saya suka karma menambah wawasan dan menambah ilmu dalam berbisnis, dari radio KISS FM saya dengar biasanya acara hari sabtu itu rock classic, dan Radio GEN FM itu pasti ada keluarga yang ikut dimobil.
Ada cerita yang sangat menarik dari radio PASS FM tersebut tentang Komunikasi dalam berbisnis. Kira2 Ceritanya sebagai berikut :
suatu hari ada raja bermimpi bahwa semua giginya tanggal semua, begitu bangun raja tersebut kaget dan memikirkan apa maksud dari mimpi tersebut.
Keesokan harinya dia kumpulkan ahli2 mimpi untuk mentafsirkan apa makna dari mimpi siraja, setelah dikumpulkan oleh raja mendapatkan dua orang yang ahli dalam menafsirkan mimpi.
Dipanggilnya dua ahli tafsir mimpi tersebut kehadapan raja dengan cara bergilir, ditanya ahli tafsir pertama oleh raja apa maksud dari mimpi raja tersebut, di jawab oleh ahli tafsir pertama, “bahwa keluarga dan saudara-saudara raja akan meninggal semua,sehingga raja tidak memiliki saudara”, siraja sangat kaget dan sangat marah mendengarnya, ditangkap ahli tafsir pertama tersebut lalu meminta pengawalnya untuk menghukum ahli mimpi tersebut dengan memenggal kepalanya.
Setelah itu raja memanggil kembali ahli tafsir kedua, dan diminta juga untuk menafsirkan apa makna dari mimpi raja tersebut. Ahli tafsir kedua memberitahukan bahwa arti dari mimpi raja adalah “raja akan mempunyai umur yang panjang dari pada keluarga2 dan saudara raja”, dengan jawaban tersebut raja sangat senang mendengarnya, ahli tafsir kedua tersebut diberi hadiah oleh raja dan makan-makanan yang enak-enak.
Sangat menarik cerita tersebut, jelas bahwa jika diartikan maksud dari jawaban ahli tafsir pertama dan kedua adalah sama, hanya saja cara penyampaiannya yang berbeda, kesimpulan dari cerita tersebut komunikasi sangat penting dalam berbisnis, kita harus bisa membuat komunikasi yang baik dan tidak membuat partner bisnis kita tidak nyaman dengan komunikasi, karena tujuan komunikasi adalah membangun, menciptakan pemahaman, pengertian bersama, saling memahami meskipun tidak harus menyetujui.

3 comments:

  1. Bener bgt tuh Pak, hal sepahit apapun kalo di bungkus dengan kata-kata yang indah, jadi jauh lebih bisa menenangkan..
    terkadang kita itu lebih butuh kata-kata manis walaupun isinya pahit...

    ReplyDelete
  2. Wah, bagus sekali ceritanya. saya banyak belajar dari blog mas iman. Sukses selalu ya. Omjay

    ReplyDelete
  3. trimakasih om jay,sptnya sy yg musti byk berguru dgn om jay yg byk sdh sekali tulisannya

    ReplyDelete