Wednesday, December 30, 2015

The 5 Most Important Questions. ~Peter Drucker

Untuk mencapai sukses seseorang atau sebuah organisasi, baik itu bisnis ataupun organisasi sosial, Almarhum Peter Drucker, Guru Manajemen paling hebat didunia, memberikan 5 langkah sederhana. 5 Buah Pertanyaan yang perlu kita pikirkan dengan mendalam.
1. What is our Mission? --Apa Misi kita?
Menggabungkan ketiga hal: Kompetensi kita, Komitmen kita, dan Kesempatan yang ada, apa yang menjadi tujuan kita, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Apa yang ingin kita capai?
2. Who is our Customers? -- Siapa Pelanggan kita?
Siapa sebenarnya yang kita layani, siapa target market kita, bagaimana sifat mereka. Apakah kita telah mengejar dan melayani segmen pelanggan yang benar? Adakah pergeseran dalam target kita?
3. What does the Customers value? -- Apa yang di Inginkan Pelanggan kita?
Sebenarnya apa yang mereka hargai, yang mereka inginkan, dari kita? Apa yang dapat membuat mereka memilih kita, dan bukan kompetitor kita? Benarkah yang kita tawarkan adalah hal yang penting untuk mereka? Apakah kita sudah mengidentifikasi dengan benar nilai2 apa yang mereka benar2 inginkan dari hubungan ini?
4. What are our results? -- Bagaimana Hasil kita selama ini?
Kita telah melakukan berkali kali, apa yang benar dan apa yang salah? Mengapa hasil kita kurang sempurna? Apa yang berhasil dari upaya kita selama ini, apa yang tidak, dan mengapa?
5. What are our plan? -- Apa Rencana kita?
Melihat hasil keempat hal diatas, dan dengan memahami dan mengecek kembali kebenarannya, maka Apa Rencana kita sekarang? Apa yang akan kita lakukan kedepan ini? Apa yang menjadi target, dan tindakan2 yang akan kita lakukan seminggu kedepan, sebulan kedepan, setahun kedepan ini?
Pertanyaan2 ini berlaku untuk setiap profesional, untuk sebuah restoran, pabrikan, perusahaan jasa, toko kelontong, ataupun organisasi sosial. Berlaku untuk anda dan saya. Selamat berpikir, merencanakan, dan melaksanakan sukses anda ditahun depan. Salam semangat.

No comments:

Post a Comment