Wednesday, June 5, 2013

The Black Swan Theory

Beratus tahun kita percaya angsa itu putih, sampai suatu saat ketika terlihat ada satu ekor saja angsa berwarana hitam, maka keyakinan kita berubah, kita menjadi percaya ada angsa berwarna hitam. Titik ketika kita melihat angsa hitam, merubah persepsi kita akan keyakinan bahwa angsa itu hanya berwarna putih.

Efek ini terjadi dimana mana, kita tidak percaya akan ada krisis moneter, tiba2 terjadi sesuatu dan sekarang kita berubah pandangannya. 911 di New York merubah keyakinan kita akan "aman"nya sebuah gedung dan kota. Gangnam style ditonton semilyar orang dan menghasilkan 8 juta USD untuk Psy hanya dari iklan youtube saja, ini merubah persepsi kita akan kekuatan sebuah youtube.

Dalam kehidupan kita kebanyakan kita melewati kejadian2 yang berkemungkinan besar memang akan terjadi. Kadang2 saja ada kejadian yang kemungkinannya kecil untuk terjadi, bahkan terpikir tidak mungkin, tetapi terjadi juga. Nah itulah "Blackswan".

Seekor kalkun dipelihara sejak kecil oleh sebuah keluarga, dalam pikirannya: kalkun ini sangat percaya akan kasih sayang dan perhatian keluarga ini yang setiap hari mencintainya dan memberi makan. Sehari sebelum thanksgiving, kalkun ini diambil oleh tangan2 yang dipercayainya, dan dipenggal untuk santapan tradisi malam perayaan keluarga tersebut. Pengalaman panjang tidak menjamin keamanan kalkun.

Blackswan terjadi karena kita tidak mampu memprediksi masa depan kita, dimana informasi yang ada tidak berguna, dan kejadian itu tidak pernah terjadi sebelumnya. Membuat kita buta terhadap kemungkinan kecil yang bisa terjadi itu.

Penemuan benua Amerika, dimana sebenarnya Colombus mencari jalan ke India, adalah sebuah Blackswan. Colombus tidak punya informasi apa yang terjadi kalau dia terus berlayar kesatu arah saja, belum pernah ada yang tau soal benua baru itu, jadi yang terjadipun kejadian yang tidak terpikirkan.

Penemuan internet, facebook, twitter adalah Blackswan. Pecahnya Soviet, maraknya demokrasi di Indonesia, dan banyaknya peristiwa politik Indonesia yang juga masuk dalam katagori Blackswan.

Blackswan bisa negatip (911, kalkun, finansial krisis), bisa juga positip (penemuan benua Amerika, Psy dengan Gangnam). Dan tidak pernah dapat diprediksi sebelumnya. Sering Blackswan terjadi karena "randomness", dan bukan karena sistem atau pengalaman atau perencanaan.

Yang terpenting adalah, sikap kita menghadapi kehidupan, harus selalu siap2 menyediakan diri lebih sering berkemungkinan menemukan Positive Blackswan, dan siap2 menhadapi kemungkinan terjadinya Negative Blackswan.

No comments:

Post a Comment