Monday, June 17, 2013

Antara Anugerah dan Pilihan.

Jeff Bezos, pendiri dan Boss dari amazon.com, ketika masih kecil diajak kerumah neneknya. Dia melihat neneknya merokok tidak berhenti. Dihitungnya berapa banyak rokok yang dihisap neneknya, dan setelah berhitung didalam kepalanya dia berkata: " Nek, kalau nenek merokok seperti ini, maka sampai nenek meninggal nanti, akan kehilangan 9 tahun dari umur nenek." 

Jeff berharap neneknya memuji kemampuan berhitungnya.
Sang nenek menangis sedih dan berkata pelahan: " Jeff, suatu saat kamu akan mengerti, bahwa menjadi orang baik hati, lebih penting daripada menjadi orang yang pandai." "It's harder to be kind than to be clever."

35 tahun kemudian, Jeff menceritakan hal itu di Princeton University pada 2010, dan menjelaskan: " Saya ingin menjelaskan beda antara anugerah dan pilihan. Orang menjadi pandai adalah anugerah, hal itu mudah, karena anda tinggal menerimanya saja. Pilihan, sebaliknya, adalah hal yang sulit. Anda harus berupaya keras untuk melakukannya."

Menjadi orang yang rendah hati, mau menolong teman, bekerja lebih keras, berusaha terus menerus walau banyak halangan, adalah pilihan, dan tidak mudah untuk dikerjakan. Sebaliknya, IQ tinggi, super pandai, wajah tampan dan cantik, suara yang merdu, orang tua yang kaya, semuanya adalah anugerah. Hal2 yang mudah yang tidak perlu anda banggakan, karena sebenarnya anda tinggal menerima saja.

Dalam bisnis atau kerja anda, apa yang menjadi anugerah anda? Apa yang pilihan? Dan apakah anda sudah cukup rendah hati, baik hati, selalu belajar lagi, dan mau bekerja lebih keras. Pilihan tidak pernah mudah, anugerah mudah. Salam sukses untuk anda.

No comments:

Post a Comment