Tuesday, September 10, 2013

Masa lalu, masa kini, dan masa depan. Apa orientasi pemikiran waktu anda tentang kerja?

M3: Masa lalu, masa kini, dan masa depan. Apa orientasi pemikiran waktu anda tentang kerja?

Dalam salah satu acara yang sudah cukup lama lalu, Pak Dahlan pernah mengatakan bahwa beliau tidak pernah menyimpan penghargaan ataupun tulisan ataupun berita tentang dirinya sendiri. Yang lalu ya sudah, yang terpenting adalah yang akan datang.

Pak Dahlan adalah orang yang disebut "Dream Driven", orang yang kebanyakan waktunya dipakai untuk berpikir tentang masa depan. Visionary, pemimpi2 besar, pemimpin besar, adalah type ini. Dalam kehidupan mereka kabanyakan waktu mereka dipakai untuk memikirkan masa depan. Masa lalu dianggap tidak penting karena sudah lewat, masa kini dipakai sebaik mungkin untuk merealisasikan mimpi masa depan.

Artis, orang2 fashion, dan hedonis sangat berpikir tentang saat ini. Kebanyakan waktunya dipakai untuk "live for today", hidup hanya untuk hari ini dan sekarang. "Reality Driven" mementingkan realitas sekarang. Besok adalah besok, kemarin adalah kemarin. Yang penting hari ini hidup bisa enak, bisa dirasakan dulu. Yang penting sekarang cantik, sekarang senang, masa depan biarkan.

Type ketiga adalah orang2 yang selalu memikirkan masa lalu, orang2 nostalgic, orang2 "Memory Driven", yang selalu membayangkan kejayaan masa lalu. Masa2 dulu ketika sukses, masa2 muda yang hebat dan telah lewat, dan tidak hidup pada kenyataan ataupun pada masa depan.

Setiap manusia tentu merupakan campuran ketiganya, berapa persen waktu anda yang anda pakai untuk memikirkan masa lalu, masa kini, dan masa depan, itulah yang menentukan apakah anda "Dream Driven, Reality Driven, ataupun Memory Driven." Umumnya orang mempunyai tendensi ke salah satu dari ketiga hal ini, baik dari jabatan, industri, pekerjaan, ataupun kebiasaan dan kultur. Dan setiap individu bisa beda.

Secara garis besar, orang Amerika lebih Dream Driven, orang Asia lebih Reality Driven dan orang Eropa lebih Memory Driven, walaupun ini bukan berarti kita men-generalisasi semuanya, dan banyak pengecualian pada tiap2 individu masing2. Usia juga mempengaruhi, yang lebih muda seharusnya lebih "Dream Driven" yang sudah tua boleh "Memory Driven"

Tegantung apa tujuan hidup anda, dan apa yang anda yakini, ketiganya tentu baik, kombinasi sangat penting, dan seberapa keras anda bekerja, seberapa besar kesempatan yang ada, dan seberapa mampu anda bersaing dalam bisnis lebih penting dalam menciptakan sukses anda. Tetap saja pemahaman akan waktu ini membuat kita kembali berpikir untuk memberikan keseimbangan yang baik untuk diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment